Kamis, 10 November 2011

Tehnik Penilaian


TEHNIK PENILAIAN
NamaSekolah     : SMP Negeri 2 Rembang
Kelas/Semester   : VIII/I

No.
KompetensiDasar/Indikator
AspekPenilaian
Tehnik
Bentuk
1.
1.1. Mendengarkan legenda.

1.1.1 Mampu mengungkapkan isi cerita legenda secara lisan maupun tulisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
1.1.2        Mampumenjelaskanunsurintrinsiklegenda
1.1.3        Mampumenuliskanrangkumanisilegenda
1.1.4        Mampumenceriterakankembaliisilegenda.



Lisan


Tertulis
Tertulis
UnjukKerja


DaftarPertanyaan


Uraian
Uraian
UjiPetikProduk
1.2      MendengarkanIklan

1.2.1            Mampu mengungkapkan isi iklan  secara lisan maupun tulis dengan bahasa siswa setempat
1.2.2            Mampumemberitanggapantentangisiiklan
1.2.3            Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi iklan


UnjukKerja


UnjukKerja

Tertulis


UjiPetikProduk


UjiPetikProduk

Uraian
2.
  2.1 Bercerita tentang pengalaman pribadi, misalnya berkemah, bertamasya, perpisahan kelas atau pengalaman lain yang menarik atau lucu.

2.1.1Mampu menyusun kerangka topik cerita
2.1.2 Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita

2.1.3 Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.

2.1.4   Mampu menjawab pertanyaan yang  terkait dengan cerita









 
UnjukKerja
UnjukKerja


UnjukKerja


Tertulis


UjiPetikProduk
UjiPetikProduk


UjiPetikProsedur


Esai                
2.2 Melakukan percakapan dengan orang yang lebih tua, misalnya menanyakan atau menyampaikan pesan atau undangan secara lisan.

2.2.1 Menentukan kerangka  topik percakapan.
2.2.2.Mengembangkan topik percakapan menjadi teks percakapan
2.2.3 Melakukan percakapan sesuai dengan teks yang dibuat.
2.2.4 Menjawab pertanyaan yang terkait dengan percakapan





UnjukKerja
UnjukKerja

UnjukKerja

Tertulis



UjiPetikProduk
UjiPetikProduk

UjiPetikProsedur

Uraian
3.
3.1 Membacapemahamanbacaansastra (ceritalanjutanwayang Ramayana) ataubacaannonsastradengantematertentu

3.1.1 Mampu menyebutkan dan menuliskan topik bacaan.
3.1.2        Menjawabdanmengajukanpertanyaan.
3.1.3        Mampu menuliskan kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama).
3.1.4        Mampumenjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewaya-ngan.
3.1.5        Mampu menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.

.


 Tertulis

UnjukKerja

Tertulis
UnjukKerja

Tertulis

UnjukKerja


Uraian 
UjiPetikProduk

Esai
UjiPetikProduk

Uraian

UjiPetikProduk
3.2  MembacaindahgeguritandantembangAsmaradana.

3.2.1                 Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang asmaradana/ geguritan
3.2.1                 Mampu membaca titilarastembang asmaradana/membaca geguritan dengan lafal ,jeda yang tepat.
3.2.2                 Mampu menembangkan tembang asmaradana sesuai dengan titilaras yang tepat./membaca geguritan dengan lagu,intonasi dan ekspresi yang tepat.
3.2.3                 Mampumemparafrasekantembangasmaradana/geguritan
3.2.4                 Mampu menjawab pertanyaan tembang asmaradana/geguritan




Tertulis
UnjukKerja
UnjukKerja

UnjukKerja

Tertulis


Uraian
UjiPetikProsedur
UjiPetikProsedur

UjiPetikProduk

Esai

 3.3 MembacaparagrafberhurufJawa yang terdiriatas 5-7 kalimat.


3.3.1 Mampu membaca kata yang menggunakan pasangan yang sama dam mirip hurufnya
3.3.2 Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
3.3.3 Mampu menunjukkan kalimat yang dimaksud dalam bacaan
3.3.4 Mampu menyalin ke  dalam huruf latin.
3.3.5 Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
3.3.6 Mampumenyusun kata acakmenjadikalimat yang benar.




UnjukKerja

UnjukKerja

UnjukKerja

UnjukKerja
UnjukKerja

UnjukKerja




UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

UjiPetikProduk
UjiPetikProduk

UjiPetikProduk
4.
4.1 Menulis mengenai keterampilan hidup


4.1.1 Mampumenentukancontohketerampilanhidupyang dipilih
 4.1.2 Mampumembuatkerangka topic keterampilanhidup.
4.1.3 Mampumengembangkankerangkatopikmenjadikarangantentangketerampilanhidupdalamragamngokodankrama




UnjukKerja

UnjukKerja

UnjukKerja



UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

4.2   Menulis laporan kunjungan ke suatu tempat.

4.3.1             Mampu menentukan objek tempat yang dikunjungi
4.3.2             Mampumembuatkerangkatopiklaporankunjungan
4.3.3             Mampu mengembangkan kerangka topik menjadi karangan tentang  laporan kunjungan





UnjukKerja

UnjukKerja

UnjukKerja


UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

UjiPetikProduk

4.3  Menulis paragraf berhuruf  Jawa yang terdiri atas 5 - 7 kalimat


4.3.1 Mampu menuliskan macam pasangan  yang sama dengan huruf dan mirip dengan huruf
4.3.2 Mampu menerapkan pasangan dalam kalimat
4.3.3 Mampu menulis paragraf dengan huruf jawa




 
UnjukKerja
UnjukKerja

UnjukKerja




UjiPetikProduk
UjiPetikProduk

UjiPetikProduk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar